Selasa, 17 Februari 2009

Tujuan Yang terlupakan..Oleh : Ir.Permadi Alibasyah


Semua kegiatan yang dilakukan manusia pasti mempunyai tujuan tertentu, misalnya seorang pegawai rela menghabiskan sepanjang harinya mengerjakan pekerjaan kantor, karena ia mempunyai tujuan ingin memperoleh upah untuk memenuhi kehidupan anak dan istrinya. bila suatu saat kantor itu tidak dapat memberinya gaji, tentu ia akan segera keluar dari kantor itu.
Orang yang tidak tahu tujuan kegiatan yang dilakukannya adalah ibarat sapi di pejagalan.

Sapi tidak pernah tahu untuk apa dia di bawa ke tempat pejagalan. Seandainya dia tahu, tentunya dia tidak akan punya selera untuk makan rerumputan yang segar yang disodorkan kepadanya; atau setidaknya ia akan berusaha mencari kesempatan untuk kabur dari tempat itu.Untuk apa sebenarnya tujuan kita mempelajari agama? Tidak di ragukan lagi, kita perlu mempelajari agama agar di dunia ini bisa hidup bahagia dan di akherat kelak bisa masuk surga (amin). Bila sekarang ini kita masih juga dilanda stress, gelisah,dendam, irihati, kecewa berat, dan segala yang bertentangan dengan kebahagian; maka haruslah kita akui dengan sejujurnya bahwa pelajaran agama yang kita pelajari selama ini ternyata masih jauh dari tujuanya.

Pengajian-pengajian ataupun ceramah agama yang kita ikuti mungkin masih kurang banyak, atau memang kita sudah cukup rajin menghadiri pengajian-pengajian agama, tetapi belum pandai memilah-milah dan memilih yang di sampaikan oleh pak kiai. Apa yang seharusnya kita benamkan kedalam jiwa, hanya kita lewatkan saja di telinga kita, Sebaliknya, apa yang seharusnya dikewatkan saja di telinga seperti selingan humor yang disampaikan pak kiai justru kita benamkan dalam hati. Hal ini kemungkinan besar terjadi disebabkan karena kita lupa untuk apa sebenarnya tujuan kita hadir di tempat pengajian itu.

Bila saat berangkat dari rumah kita mampu mengingat untuk apa sebenarnya tujuan kita menghadiri pengajian itu, maka semestinya kita akan dapat memilah-milah mana pasir dan mana mutiara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog