Selasa, 17 Februari 2009

Belajar Dari Burung dan cacing..Oleh Ir. Permadi Alibasyah

Bila kita sedang mengalami kesulitan hidup karena himpitan kehidupan, maka cobalah kita ingat pada burung dan cacing, Burung setiap pagi keluar dari sarangnya untuk mencari makan tanpa mengetahui di mana ia harus mendapatkannya, karena itu, kadangkala sore hari ia pulang dalam keadaan perut kenyang, kadang pula ia pulang membawa oleh-oleh makanan untuk keluarganya, tetapi sering pula ia pulang ke sarangnya dalam keadaan masih keroncongan.

Meskipun burung tanpaknya lebih sering mengalami kekurangan makanan karena tidak punya "kantor" yang tetap (apalagi setelah lahannya banyak berubah menjadi real estate) namum yang jelas kita tidak pernah melihat ada burung yang berusaha untuk bunuh diri!. Kita tidak pernah melihat burung yang tiba-tiba menukik membenturkan kepalanya ke batu cadas, atau kita tidak pernah melihat ada burung yang sekonyong-konyong meluncukan dirinya kedalam sungai!.

Nampaknya burung menyadari benar bahwa demikianlah hidup, suatu waktu ada di atas di waktu lain akan terhempas ke bawah. Suatu waktu kekenyangan dan lain waktu kelaparan.
Sekarang marilah kita melihat binatang yang lebih lemah dari burung, yaitu cacing. Binatang ini seolah-olah tidak mempunyai sarana yang layak untuk mencari makanannya. Cacing tidak mempunyai tangan, kaki, tanduk, atau bahkan mungkini a tidak mempunyai mata dan telinga. tetapi cacing serupa dengan makhluk Tuhan lainya yaitu ia mempunya perut yang bila tidak di isi maka ia akan mati.

Kalau kita bandingkan dengan manusia yang di ciptakan oleh Tuhan paling sempurna dibandingkan dengan makhlik-makhluk ciptaan lainya, banyak yang kalah hanya dengan seekor cacing. Manusia banyak bunuh diri akibat merasa kesulitan dalam mencari nafkan hidupnya, sementara tita tidak pernah melihat ada cacing yang membentur-benturkan kepalanya ke batu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog